SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 1
PENDEKATAN SISTEM DALAM MEMECAHKAN MASALAH DAN MEMBUAT KEPUTUSAN
Oleh :
NPM : 35112986
Nama : Ramadhani Azhari
Kelas : 2DB01
UNIVERSITAS GUNADARMA
Tahun 2013 - 2014
1. PENDEKATAN SISTEM DALAM MEMECAHKAN
MASALAH DAN MEMBUAT KEPUTUSAN
4.1. Pendekatan Sistem
Proses pemecahan masalah secara sistematis bermula dari
John Dewey yang mengidentifikasi 3 seri
penilaian yang terlibat dalam memecahkan masalah suatu kontroversi secara
memadai yaitu:
1.
Mengenali
kontroversi
2.
Menimbang
klaim alternatif
3.
Membentuk
penilaian
-
Pemahaman dasar pemecahan masalah dan pembuatan keputusan
Bagian ini merupakan bagian
yang sangat penting karena menjadi awal dari seluruh proses pemecahan masalah.
Tujuan pada bagian ini adalah memahami masalah dengan baik dan menghilangkan
bagian-bagian yang dirasa kurang penting.
-
Tahapan pemecahan masalah dengan menggunakan pendekatan system
·
Usaha persiapan, mempersiapkan manajer untuk
memecahkan masalah dengan menyediakan orientasi sistem.
·
Usaha definisi, mencakup mengidentifikasikan masalah untuk dipecahkan dan kemudian
memahaminya.
·
Usaha solusi,
mencakup mengidentifikasikan berbagai solusi alternatif, mengevaluasinya,
memilih salah satu yang tampaknya terbaik, menerapkan solusi itu dan membuat
tindak lanjutnya untuk menyakinkan bahwa masalah itu terpecahkan.
-
Faktor manusia yang mempengaruhi pemecahan masalah
Tiap manajer memiliki
gaya pemecahan masalah yang unik. Gaya mereka mempengaruhi bagaimana mereka
terlibat dalam merasakan masalah, mengumpulkan informasi, dan menggunakan
informasi.
¨
Merasakan
masalah (problem solving styles)
Manajer dpt dibagi dlm 3 kategori
dasar dlm hal gaya merasakan masalah mereka, yaitu bagaimana mereka menghadapi
masalah.
Ø Penghindar masalah (problem avoider), manajer
mengambil sikap positif & menganggap semua baik-baik saja. Ia berusaha
menghalangi kemungkinan masalah dengan mengabaikan informasi atau
menghindarinya sepanjang perencanaan.
Ø Pemecah masalah (problem solver), manajer ini
tidak mencari masalah juga tidak menghalanginya. Jika timbul suatu masalah,
masalah tersebut dipecahkan.
Ø Pencari masalah (problem seeker), manajer ini
menikmati pemecahan masalah dan mencarinya.
¨
Mengumpulkan
informasi (information-gathering styles)
Manajer dpt menunjukkan salah satu
dari 2 gaya mengumpulkan informasi
atau sikap thd total volume informasi yg tersedia :
ü Gaya teratur (preceptive style), manajer
jenis ini mengikuti management by exception dan menyaring segala sesuatu yang
tidak berhubungan dengan area minatnya.
ü Gaya menerima (receptive style), manajer jenis ini ingin melihat
semuanya, kemudian menentukan apakah informasi tersebut bernilai baginya atau
orang lain dalam organisasi.
¨
Menggunakan
informasi (information-using styles)
Manajer juga cenderung lebih menyukai
salah satu dari dua gaya menggunakan informasi, yaitu cara-cara
menggunakan informasi untuk memecahkan suatu
masalah.
È Gaya sistematik (systematic style), manajer
memberi perhatian khusus untuk mengikuti suatu metode yang telah ditetapkan,
misalnya pendekatan sistem.
È Gaya intuitif (intuitive style), manajer tidak
lebih menyukai suatu metode tertentu tetapi menyesuaikan pendekatan dengan
situasi.
KESIMPULAN
Pendekatan sistem dalam
memecahkan masalah dan keputusan sangatlah diperlukan dalam memecahkan masalah
agar mendapatkan tujuan bersama demi kemajuan sistem suatu perusahaan dengan
tidak merugikan pihak manapun.
DAFTAR PUSTAKA
Sumber (Link) :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Berkomentarlah apabila ada yang kurang atau salah serta apapun itu dalam postingan saya, agar saya bisa membenahinya. Terima Kasih!!