SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 1
E-COMMERCE
Oleh :
NPM : 35112986
Nama : Ramadhani Azhari
Kelas : 2DB01
UNIVERSITAS GUNADARMA
Tahun 2013 - 2014
1. E-COMMERCE
Definisi :
Pada websitewhatis.com terdapat pengertiane-commerce yaitu berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang
atau jasa melalui internet, khususnya World wide web.
Menurut Robert
E. Johnson, III (http://www.cimcor.com), e-commerce
merupakan suatu tindakan melakukan
transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media
komunikasi yang paling utama.
Padawebsite ECARM
(The Society For Electronic Commerce And Rights Management) dijelaskan bahwa
e-commerce secara umum menunjukkan
seluruh bentuk transaksi yang
berhubungan dengan aktifitas-aktifitas perdagangan, termasuk organisasi dan perorangan
yang berdasarkan pada pemrosesan dan transmisi data dijital termasuk teks,
suara, dan gambar-gambar visual (OECD, 1997).
2.1.
Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Perdagangan melalui jaringan
elektronik sebagai penggunaan computer untuk memudahkan semua operasi
perusahaan. Keuangan berhubungan dengan pemegang saham dan pemilik serta
pelanggan perusahaan. Sumber daya manusia memiliki perhatian khusus pada
masyarakat global dan serikat buruh. Jasa informasi berhubungan dengan pemasok
perangkat keras dan perangkat lunak. Manufaktur berhubungan dengan pemasok
perusahaan dan serikat buruh. Pemasaran terutama bertanggung jawab untuk
berhubungan dengan pelanggan dan pesaing perusahaan. Semua area itu berhubungan
dengan pemerintah. Transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem
berbasis komputer, dan jaringan internet.
-
Manfaat perdagangan melalui jaringan
elektronik
a.
Pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan
b. Hubungan antara pembeli dan pemasok tercipta dengan baik
c. Pengembalian atas investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat
d. Perusahaan-perusahaan ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik
untuk mencapai perbaikan di seluruh organisasi.
e. Manfaat berkontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya
untuk bersaing lebih baik dalam dunia bisnis yang semakin terikat untuk
menggunakan teknologi computer.
-
Kendala perdagangan melalui jaringan
elektronik
a. Biaya yang dikeluarkan sangat
tinggi
b. Masalah keamanan kurang terjamin
c. Banyak perangkat lunak yang kurang memadai atau bahkan tidak tersedia
d. Perusahaan – perusahaan yang telah memiliki system terutama menggunakannya
untuk transaksi antara pengguna dengan pemasok
e. Serta proses-proses utama yang berhubungan dengan pesanan pembelian,
transfer, serta faktur.
-
Jalan menuju perdagangan melalui jalur
elektronik
a. Mengumpulkan intelijen bisnis
b. System Antar Organisasi (IOS)
dimana didalamnya terdapat EDI
c. Membuat metodologi yang
tersedia mencakup daur hidup system dan peranvangan ulang proses bisnis
d. Menggunakan teknologi yang
tersedia dengan sambungan langsung, jaringan nilai tambah dan internet
2.2.
Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Untuk tiap masalah, ada
beberapa kemungkinan solusi, dan situasi ini dapat diterapkan untuk
permasalahan menentukan strategi terbaik perdagangan melalui jaringan
elektronik. Namun strategi yang paling penting disebut adalah strategi yang
elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang
diberikan untuk strategi ini adalah sistem antar organisasi (IOS).
Istilah lain adalah EDI yang berarti pertukaran data elektronik. Kedua
istilah tersebut sering dipergunakan bergantian, tetapi jika dibuat suatu
pebedaan, EDI dianggap subset dari IOS. Pertukaran data elektronik adalah
suatu cara untuk mencapai sistem antar-organisasi.
2.3.
Sistem Antar Organisasi (IOS)
IOS (Interorganizational system), disebut sistem informasi
antar organisasi, adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait
sehingga mereka berfungsi sebagai suatu sistem tunggal; yang bekerja sama untuk
mencapai tujuan bersama. Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut
mitra dagang atau mitra bisnis.
-
Manfaat IOS
Para mitra dagang ikut dalam
IOS dengan harapan memperoleh manfaat tertentu. Manfaat itu terbagi dalam
dua kategori – efisiensi komparatif dan kekuatan tawar menawar.
1. Efisiensi Komparatif
Dengan bergabung dalam IOS,
para mitra dagang dapat menyediakan barang dan jasa mereka dengan biaya yang
lebih murah daripada pesaing. Perbaikan dalam efisiensi ini dapat berasal
dari dalam dan berkaitan dengan organisasi lain.
2. Kekuatan tawar menawar
Kemampuan
suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan
pelanggannya yang menguntungkan dirinya disebut kekuatan tawar menawar (bargaining
power).
2.4.
Pertukaran Data Elektronik (EDI)
Pertukaran data elektronik
(EDI) adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca
mesin secara langsung dari komputer ke komputer diantara beberapa
perusahaan. Transmisi tersebut memungkinkan data ditransmisikan dan
diterima tanpa pengetikan ulang.
-
Hubungan EDI yang umum
Membentuk kaitan antara
perusahaan dan pemasoknya (supply side) dan kaitan antara perusahaan dengan
pelanggan (customer side)
Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik.
Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik.
-
Standar EDI
Standar yang digunakan di
Amerika Utara dinamakan ANSI ASC X12. Standar Internasional dinamakan EDIFACT.
-
Tingkat penerapan EDI
Tiga tingkat penggunaan yang
berbeda, yaitu :
1. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
3. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
– Tekanan Pesaing
– Kekuasaan yang dilaksanakan
– Kebutuhan Intern
– Dukungan manajemen puncak
1. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
3. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
– Tekanan Pesaing
– Kekuasaan yang dilaksanakan
– Kebutuhan Intern
– Dukungan manajemen puncak
-
Manfaat EDI
Beberapa manfaat EDI langsung
berasal dari teknologi. Ini adalah manfaat langsung dari pengurangan kesalahan, pengurangan biaya, dan peningkatan
efisiensi operasional. Manfaat lain di hasilkan oleh manfaat langsung. Ini
adalahmanfaat tidak langsung dari peningkatan kemampuan
bersaing, hubungan dengan mitra dagang yang lebih baik, dan pelayanan pelanggan
yang lebih baik.
2.5. Teknologi Perdagangan Melalui
Jaringan Elektronik
Pilihan Teknologi :
1)
Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa
telekomunikasi
2)
Jaringan Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh
penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak
jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3)
Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya
menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan
KESIMPULAN :
Perdagangan melalui jaringan
elektronik atau yang biasa dikenal dengan E-Commerce adalah perdagangan atau
perniagaan yang menggunakan media elektronik sebagai perantaranya dan
tersambung dengan internet sebagai medianya. Perdagangan yang dilakukan melalui
jaringan elektronik ini mempunyai manfaat dan keuntungan, dengan menggunakan
e-commerce kita dapat menjual produk secara luas, manfaat berkontribusi pada
stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya untuk bersaing lebih baik
dalam dunia bisnis yang semakin terikat untuk menggunakan teknologi komputer.
Namun ada juga kendala dari e-commerce, diantaranya masalah keamanan kurang
terjamin, biaya yang dikeluarkan sangat tinggi, serta proses-proses utama yang
berhubungan dengan pesanan pembelian, transfer, serta faktur.
DAFTAR PUSTAKA
1. http://www.sentralweb.com/jbptgunadarma-gdl-course-2004-suryariniw-55-sim1-eco-e.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Berkomentarlah apabila ada yang kurang atau salah serta apapun itu dalam postingan saya, agar saya bisa membenahinya. Terima Kasih!!