Breaking News

Tugaz Kampuz

Aneh dan Unik

Fotografi

Lucu [LOL]

Rabu, 08 Oktober 2014

Karakteristik Informasi dalam Sistem Informasi Akutansi (SIA)

1.5 Karakteristik Informasi dalam Sistem Informasi Akutansi (SIA)


Informasi adalah data yang berguna yang diolah sehingga dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengambil keputusan yang tepat. Karakteristik informasi yang realible harus memenuhi syarat relevan, tepat waktu, akurat dan lengkap.

Penjelasan dari Karakteristik Informasi :

1.    Relevan

-          Informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.
-          Berarti informasi tersebut mempunyai mamfaat bagi pemakainya.
-          Informasi itu relevan jika mengurangi ketidakpastian, memperbaiki kemampuan pengambil keputusan untuk membuat prediksi, mengkonfirmasikan atau memperbaiki ekspektasi mereka sebelumnya.
-          Menambah pengetahuan atau nilai bagi pengambil keputusan dengan mengurangi ketidakpastian, meningkatkan kemampuan untuk meramalkan atau mengkonfirmasi atau membetulkan harapan sebelumnya.
-          Informasi yang relevan berkaitan dengan sejauh mana informasi tersebut dapat membuat perbedaan untuk Alternatif pengambilan keputusan.
·         Informasi yang dapat mempengaruhi keputusan ekonomi penggunanya dengan membantu pengguna tersebut dalam mengevaluasi peristiwa masa lalu, masa kini, atau masa depan, menegaskan, atau mengkoreksi hasil evaluasi pengguna di masa laiu.
·         Informasi diberikan harus mempunyai manfaat sebagai dasar pengambilan keputusan sesuai dengan yang dibutuhkan.
·         memenuhi kebutuhan pemakai dlam proses pengambilan keputusan.

2.    Andal

-          Informasi itu andal jika bebas dari kesalahan atau penyimpangan.
·         Disajikan secara jujur (faithful representation), Substansi mengungguli bentuk (substance over form), Netralitas (neutrality), Pertimbangan Sehat (prudence), Kelengkapan (completeness), dan bebas dari pengertian yang menyesatkan, kesalahan material, dan dapat diandalkan pemakainya sebagai penyajian yang tulus atau jujur dari yang seharusnya disajikan atau yang secara wajar diharapkan dapat disajikan.

3.    Lengkap

-          Informasi itu lengkap jika tidak menghilangkan aspek-aspek penting dari kejadian yang merupakan dasar masalah.
-          tidak mengabaikan data penting.
·         Lengkap artinya informasi harus diberikan secara lengkap.


4.    Tepat Waktu

-          berarti informasi datang pada penerima tidak boleh terlambat.
-          Informasi itu tepat waktu jika diberikan pada saat yang tepat untuk memungkinkan pengambil keputusan menggunakannya.
-          tersedia tepat waktu untuk pengambilan keputusan.
-          Ketepatan waktu sebuah informasi sangat penting, karna informasi tersebut harus tersedia pada saat dibutuhkan karma berhubungan dengan pengambilan keputusan atau kebijakan.
·         Tepat waktu artinya informasi itu harus tersedia atau ada pada saat informasi tersebut diperlukan.

5.    Dapat Dipahami

-          Informasi dapat dipahami jika disajikan dalam bentuk yang dapat dipakai dan jelas.
-          dalam bentuk yang dapat dimengerti.
·         dapat mudah dipahami oleh mereka yang memiliki pengetahuan yang memadai tentang aktivitas bisnis dan ekonomi, akuntansi serta kemauan untuk mempelajari informasi dengan ketekunan yang wajar.
·         kemudahannya untuk segera dapat dipahami oleh pemakai.

6.    Dapat Diverivikasi

-          Informasi dapat diverifikasi jika dua orang dengan pengetahuan yang baik, bekerja secara independen dan masing-masing akan menghasilkan informasi yang sama.
-          dapat dibuktikan kebenarannya/menghasilakan informasi yang sama dari dua orang yang saling independen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah apabila ada yang kurang atau salah serta apapun itu dalam postingan saya, agar saya bisa membenahinya. Terima Kasih!!

Motivasi

Astronomi

Designed By Published.. Blogger Templates