Arti Pentingnya Organisasi dan Metode
Pengertian Organisasi dan Metode
Sebelum menginjak pada materi membahasan
organsisasi, berikuti diuraikan terlebih dahulu pengertian organisasi dan
metode secara lengkap, terlebih dahulu akan ditinjau secara sekilas arti dari
kata organisasi dan metode. Istilah organisasi dapat diartikan sebagai
berikut:
· Wadah : Sekelompok manusia untuk saling bekerja
sama.
· Proses : Pengelompokan manusia dalam suatu kerja
sama yang efisien.
Sedangkan istilah metode tersebut berarti suatu
tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien. Pengertian
Organisasi dan Metode secara lengkap adalah Rangkaian proses kegiatan
yang harus dilakukanuntuk menibgkatkan kegunaan segala sumber dan factor yang
menentukan bagi berhasilnya proses Manajemen terutama dengan memperhatikan
fungsi dan dinamika organisasi atau birokasi dalam rangka mencapai tujuan yang
sah ditetapkan.
Dari pengertian tersebut terkandung
beberapa maksud yaitu :
·
Organisasi dan metode
merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya
·
Organisasi dan metode
penting bagi kegiatan manajemen
·
Organisasi dan metode
dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
·
Organisasi dan metode
berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.
Organisasi adalalah sekumpulan orang yang
bekerja sama yang mempunyai tujuan yang sama dan mempunyai manajemen.dan setiap
menajemen itu sendiri tidak pernah terlepas dari 4 hal ini di antaranya
adalah:P,O,A,C. Yaitu:
·
PLANING adalah
perencanaan
·
Organization adalah
pengorganisasi
·
Actuniety adalah
penepatan sesuai prosedur
·
Controling adalah
pengawasan
Jadi sepintar apapun orang dengan beragam title
dan sarjana jika ia membuat organisasi maka ia tak akan terlepas oleh 4 hal
ini,karena ini selalu mencakupi untuk berjalannya roda organisasi itu
sendiri.dan begitu banyak sekali macam-macam definisi organisasi itu sendiri
dan saya hanya menjelaskan define umum organisi dari orang yang termuka
diantaranya adalah:
Definisi organisasi:
Definisi organisasi:
·
Menurut chester I
bernand(suatu system kegiatan bersama antar 1 orang dan lebih daro 2
orang,sesuatu sifat yang tidak berwujud &tidak bersifat berseorangan dan
sebagian besar mengenai hubungan)
·
Menurut JOHN M.GOUS(tata
hubungan antar orang-orang untuk untuk dapat memungkinkan tercapainya tujuan
bersama dengan adanya pembagian tugas & dan bertanggung jawab atas
tugasnya)
·
Menurut JOMES D.MOONEY(
bentuk kerjasama manusia untuk pencapai tujuan bersama)
Dan organisasi itu juga mempunyai pandangan
diantaranya adalahsebagai pandangan wadah”tempat kegiatan dilaksanakan,dan juga
sebagai proses”yaitu hubungan formil dan informal,dan sebagai system.
Organisasi sebagi wadah jadi wadah sebagai
tempat pelaksanaan organisasi tersebut
Orgabisasi sebagai proses adalah memperhatikan interaksi atau kerjasama antar anggota dalam organisasi dan proses di bagi menjadi 2 yaitu proses formal dan proses informal
Dan proses formaladalah organisasi pola hubungan yang ditetapkan secara resmi oleh top manejemen. Proses informal mempunyai 3 peranan yaitu:
Orgabisasi sebagai proses adalah memperhatikan interaksi atau kerjasama antar anggota dalam organisasi dan proses di bagi menjadi 2 yaitu proses formal dan proses informal
Dan proses formaladalah organisasi pola hubungan yang ditetapkan secara resmi oleh top manejemen. Proses informal mempunyai 3 peranan yaitu:
1. untuk saran komunikasi
2. untuk engatur kerjasama
3. untuk memelihara kebebasan dalam bertindak
· Organisasise bagai system sosial suatu system
antar hubungan sesame manusia
· Sebagai system fungsional => antar
fungsi fungsi yang dikaitkan secra tertentu & integral untuk mencapai
tujuan organisasi
· Komunikasi yakni tata salura antar arus
informasi dalam organisasi
Bagaimana sebuah
organisasi bisa dikatakan baik? Organisasi yang baik bisa di katakan organisasi
yang terorganisir, organisasi yang mempunyai visi dan misi atau tujuan yang
jelas, organisasi yang mempunyai perencanaan yang matang,organisasi yang
mempunyai kreatifitas dan inofatif dalam membuat perencanaan,organisasi yang
bisa berkembang sesuai dengan tujuan dan visi misi yang sudah menjadi
kesepakatan. Sekarang ini banyak organisasi yang gagal. Ini karena hal-hal
diatas tidak terpenuhi.
Kerjasamamerupakan salah
satu kunci keberhasilan. Kerjasama yang baik bisa menjadi awal sebuah
organisasi bisa berjalan dengan lancar dan baik,di samping itu juga perlu
adanya komunikasi yang baik pula. Tanpa ada kerjasama dan komunikasi yang
baik,sebuah organisasi tidak akan bisa bertahan lama, Jika hal-hal itu tidak
terpenuhi maka organisasi tidak akan berjalan dengan baik.
Bentuk Organisasi Niaga
Dalam pembahasan ini
saya akanmembahas bentuk organisasi Niaga yaitu Perseroan Terbatas (PT),
Perseroan Terbatas (PT), adalah suatu persekutuan untuk menjalankan usaha yang
memiliki modal terdiri dari saham-saham, yang pemiliknya memiliki bagian
sebanyak saham yang dimilikinya. Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang
dapat diperjualbelikan, perubahan kepemilikan perusahaan dapat dilakukan tanpa
perlu membubarkan perusahaan. PT dipimpin oleh direksi, Sedangkan pegawainya
berstatus sebagai pegawai swasta
Perseroan terbatas
merupakan badan usaha dan besarnya modal perseroan tercantum dalam anggaran
dasar. Kekayaan perusahaan terpisah dari kekayaan pribadi pemilik perusahaan
sehingga memiliki harta kekayaan sendiri. Setiap orang dapat memiliki lebih
dari satu saham yang menjadi bukti pemilikan perusahaan. Pemilik saham
mempunyai tanggung jawab yang terbatas, yaitu sebanyak saham yang dimiliki.
Apabila utang perusahaan melebihi kekayaan perusahaan, maka kelebihan utang
tersebut tidak menjadi tanggung jawab para pemegang saham. Apabila perusahaan
mendapat keuntungan maka keuntungan tersebut dibagikan sesuai dengan ketentuan
yang ditetapkan. Pemilik saham akan memperoleh bagian keuntungan yang disebut
dividen yang besarnya tergantung pada besar-kecilnya keuntungan yang diperoleh
perseroan terbatas.
Selain berasal dari
saham, modal PT dapat pula berasal dari obligasi. Keuntungan yang diperoleh
para pemilik obligasi adalah mereka mendapatkan bunga tetap tanpa menghiraukan
untung atau ruginya perseroan terbatas tersebut.
Untuk mendirikan PT,
harus dengan menggunakan akta resmi ( akta yang dibuat oleh notaris ) yang di
dalamnya dicantumkan nama lain dari perseroan terbatas, modal, bidang usaha,
alamat perusahaan, dan lain-lain. Akta ini harus disahkan oleh menteri Hukum dan
Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (dahulu Menteri Kehakiman). Untuk mendapat
izin dari menteri kehakiman, tentunya juga harus memenuhi syarat-syarat
· Visi : Untuk menjadi yang terdepan dalam
memenuhi kepuasan Mitra Usaha / Klien.
· Misi : Memberikan pelayanan terbaik kepada Mitra
Usaha dengan sistem yang terintegrasi untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia
kami sebagai tenaga terlatih yang profesional sehingga mampu untuk bersaing
didunia internasional.
Struktur Organisasi
Dengan melakukan
pemilihan serta penentuan struktur organisasi yang tepat dan sesuai dengan
situasi dan kondisi dalam perusahaan maka pencapian tujuan perusahan akan lebih
terarah. Selain itu denga struktur organisasi yang jelas dan baik maka akan
dapat diketahui sampai dimana wewenang dan tanggung jawab yang dimiliki oleh
seseorang dalam menjalankan tugasnya. Dalam menjalankan aktivitas usahanya, PT
menerapkan struktur organisasi fungsional dimana organisasi menurut fungsi
menyatukan semua orang yang terlibat dalam satu aktivitas yang disebut fungsi
dalam satu group.
Bentuk Fungsional
Ciri–ciri: Bawahan
mendapat perintah dari beberapa pejabat yang masing-masing menguasai suatu
bidang keahlian tertentu dan bertanggung jawab sepenuhnya atas bidangnya. Pada
bentuk ini pimpinan mempercayakan sepenuhnya kepada para ahli dalam bidang
masing-masing.
Kebaikan :
·
Bidang pekerjaan khusus
diduduki oleh seorang ahli yang memungkinkan bekerja atas dasar keahlian dan
kecintaan akan tugasnya.
·
Tanggung jawab atas
fungsinya terjamin.
Keburukan :
·
Koordiansi sulit
dilaksanakan
·
Dapat menimbulkan
dispersonalisasi
·
Keahlian memimpin kurang
dapat dijamin
·
Atas kesatuan komando
sulit dilaksanakan
Adanya Strukrur Organisai pada perusahaan
merupakan manifestasi dan cerminan dari kekuatan manajemen SDM perusahaan dalam
mencapai Visi dam Misi bisnis perusahaan. Struktur organisasi perusahaan
yang tepat, efektif, dan efisien akan memberikan jaminan kinerja perusahaan
yang tinggi, demikian pula sebaliknya. Jika desain struktur organisasi tidak
optimal, akan mengakibatkan efek yang berkepanjangan terhadap lemahnya kinerja
organisasi perusahaan, meskipun sekarang setiap organisasi sudah maju tetap
saja perusahaan harus memiliki struktur organisasi. Agar organisasi dapat
terkontrol.
Manajemen dan Organisasi
Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.Rumusan tersebut mengandung pengertian adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerjasama disatu pihak dengan tujuan di pihak lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Berkomentarlah apabila ada yang kurang atau salah serta apapun itu dalam postingan saya, agar saya bisa membenahinya. Terima Kasih!!